Cara Jualan Online Memanfaatkan Facebook

rahasia toko online
cara jualan online
Beberapa waktu yang lalu saya mengadakan seminar cara jualan online memanfaatkan facebook. Peserta kebanyakan adalah karyawan dan pemilik usaha kecil menengah, yang sudah memiliki usaha rata-rata adalah fashion, ada juga pemilik laundry, aksesoris, property dan masih banyak yang lain. Memasarkan produk melalui facebook mungkin hampir semua orang sudah pernah memanfaatkannya, namun mungkin belum optimal. Karena kebanyakan peserta ketika memanfaatkan untuk jualan online masih menggunakan profil akun facebook. Jadi mereka rata-rata masih belum mengenal fanpage atau halaman fan. Oh ya, dengan menggunakan akun profil akun facebook ada keterbatasan untuk meraih pasar yang lebih luas. Hal ini dikarenakan jangkauan akun profil facebook yang sangat terbatas, jumlah pertemanan dibatasi hanya sampe 5000 orang. Memang facebook memberikan fasilitas berupa follower yang jumlahnya bisa tak terbatas namun efektifitas dalam mempromosikan masih kurang terlalu bagus.

Cara jualan online memanfaatkan facebook ini sebetulnya banyak sekali triknya yang bisa dimanfaatkan. Jika Anda lebih suka menggunakan akun profil ketimbang fanpage tetap bisa mempromosikan produk Anda, selain keterbatasan yang tadi sudah disebutkan diatas. Salah satunya adalah mengganti cover photo akun profil Anda dengan produk yang Anda tawarkan, buatlah dengan ukuran 851 x 315 px. Fotolah produk  yang Anda tawarkan sertakan pula telp yang bisa dihubungi. Buatlah cover photo yang eye catching, agar mata ketika ada yang menambah pertemanan atau add friend, maka mereka sudah tahu Anda berjualan apa. Lanjut dengan melakukan seting pada about atau tentang Anda, tentunya Anda harus mengisikan produk-produk apa saja yang Anda tawarkan dan keterangan singkat bagaimana cara memesan produk tersebut. Langkah selanjutnya, buatlah status yang berhubungan dengan produk-produk yang Anda tawarkan, sebaiknya tidak melakukan tagging kepada teman-teman facebook Anda. Kenapa? Karena teman-teman facebook Anda bisa jadi akan bosan atau bahkan marah dengan status Anda. Buatlah status dengan jam-jam yang kira-kira teman-teman Anda pasti baca status Anda! Supaya status Anda efektif dan optimal. Selain itu, usahakan menambahkan teman setiap hari, tetapi cari calon teman yang kira-kira menyukai produk Anda. Caranya bagaimana? Yang Anda lakukan adalah membuka fanpage-fanpage yang menjual produk sejenis atau sekategori dengan Anda, lalu add lah orang-orang yang berkomentar di sana. Gabung juga dengan beberapa grup yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk mempromosikan produk Anda. Grup-grup di facebook yang isinya jualan banyak banget, tinggal Anda cari dan gabung ke grup tersebut.

Selain menggunakan akun profil facebook, cara jualan online memanfaatkan facebook banyak juga yang sudah menggunakan fanpage. Perbedaan utama antara profil akun dan fanpage adalah terletak pada banyak orang yang tergabung didalamnya, pada profil akun dikenal sebagai teman sedang pada fanpage dikenal istilah like atau suka. Jelajah fanpage sangatlah luas (jumlahnya tak terbatas) bahkan bisa lintas negara. Dan salah satu kelebihan yang lain dari fanpage adalah bisa diiklankan berbayar, dimana iklan dapat ditampilkan di newsfeed letaknya diantara status di timeline, sebelah kanan dan mobile. Selain itu, dengan mengiklankan fanpage akan memudahkan Anda dalam mencari target pasar, bisa menyasar usia, bahasa yang digunakan, jenis kelamin, kesukaan atau minat. Dengan penargetan yang tepat ternyata sangat membantu konversi jualan produk Anda.

0 Response to "Cara Jualan Online Memanfaatkan Facebook"

Post a Comment