Peluang Usaha Kerupuk

rahasia toko online
Peluang Usaha Kerupuk
Blog belajar bisnis online akan membahas peluang usaha kerupuk.
Anda pasti mengenal kerupuk, makanan "wajib" sehari-hari pendamping makanan pokok yang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Jenis dan ragam kerupuk juga menjadi makanan khas yang berbeda di setiap daerahnya, baik dari sisi warna, bentuk maupun rasanya. Kerupuk terbuat dari campuran bahan tepung tapioka dan udang atau ikan yang kemudian dibentuk spiral lalu dikeringkan memanfaatkan panas matahari. Namun, ada juga jenis kerupuk yang dikukus terlebih dahulu lalu dipotong tipis sebelum dikeringkan. Setelah proses pengeringan sempurna, kerupuk siap digoreng.

Bagaimana peluang bisnis usaha kerupuk?
Jika melihat trend saat ini, kerupuk tidak saja dimakan sebagai pendamping nasi, namun sudah menjadi snack yang biasa dijadikan makanan camilan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kerupuk memiliki pangsa pasar yang sangat luas dari segala kelompok usia, baik laki-laki maupun perempuan dan apapun profesinya. Melihat peluang bisnis kerupuk yang sangat prospektif tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menekuninya sebagai salah satu usaha alternatif yang dapat dikembangkan. Hanya saja, karena persaingan bisnis kerupuk sangatlah banyak pesaingnya, maka diperlukan diferensiasi terhadap kerupuk buatan Anda. Sehingga, kerupuk yang Anda hasilkan menjadi ciri khas produk Anda, mudah dikenali di pasaran dan sulit untuk ditiru oleh kompetitor.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka peluang usaha kerupuk?
Untuk mengawali usaha kerupuk ini, Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Modal terbesar yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah mesin pengaduk adonan dan pencetak kerupuk. Namun, jikalau Anda tidak menggunakan mesin tersebut Anda tetap bisa memproduksi krupuk secara manual tanpa mesin. Bahkan untuk kerupuk yang dimasak dengan cara dikukus, Anda hanya membutuhkan alat untuk memotong adonan agar sama ketebalannya. Untuk menggoreng kerupuk, dibutuhkan 2 buah wajan yang sangat besar dan 2 buah kompor gas yang memadai. Satu kompor untuk api sedang agar minyak yang ada dalam wajan tidak terlalu panas, sedangkan kompor yang lain disiapkan untuk api yang besar agar minyak yang ada di dalamnya benar-benar panas. Untuk menggoreng kerupuk dilakukan 2x penggorengan.

Inovasi peluang usaha kerupuk bisa dilakukan dengan menambahkan aneka rasa pada kerupuk, bentuk kerupuk yang tidak seperti biasanya, serta kemasan yang digunakan. Agar kerupuk Anda cepat dikenal luas, Anda harus memberikan nama dagang pada kerupuk Anda. Dengan pemberian nama, pelanggan Anda mudah mengenalinya begitu juga jika ingin membeli kembali akan lebih mudah. 
Estimasi keuntungan usaha kerupuk adalah antara 40-50% dari omset penjualan. Agar produk Anda cepat dikenali oleh masyarakat buatlah semacam tester ke tetangga-tetangga Anda. Mintalah masukan kepada mereka apa saja yang perlu diperbaiki. Jika kerupuk Anda sudah layak untuk dijual, cobalah menitipkan kerupuk Anda di warung-warung makan terdekat. Ambil foto produk kerupuk Anda dan masukkan di sosial media seperti facebook ataupun twitter, dengan harapan produk kerupuk Anda cepat dikenal secara luas.

0 Response to "Peluang Usaha Kerupuk"

Post a Comment