Tips Marketing Untuk UKM

rahasia toko online

Typical usaha kecil menengah adalah keterbatasan dana untuk melakukan kegiatan promosi marketing. Untuk itu, sebagai pelaku usaha kecil menengah atau ukm, Anda diwajibkan mengetahui strategi marketing yang tepat agar biaya promosi yang Anda keluarkan nantinya bisa ditekan seminim mungkin. Dengan mengetahui secara detil bagan atau alur marketing yang ada diatas, maka Anda akan dengan mudah untuk merencanakan kegiatan promosi untuk bisnis Anda.
Jika kebetulan ada kompetitor sejenis yang menjalankan bisnis yang sama dengan Anda, maka langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah: 

  1. Mengidentifikasikan target dan cek pesaing Anda, dengan melakukan identifikasi terhadap target pasar dari bisnis Anda, Anda dapat melakukan aktivitas promosi secara tepat terhadap calon pelanggan Anda. Intip aktivitas promosi seperti apa yang telah dilakukan oleh pesaing Anda, lakukanlah evaluasi dan analisa. Catatlah tiap-tiap langkah sukses yang telah mereka lakukan.
  2. Gunakanlah website dan optimasilah, gunakanlah kata kunci yang Anda jadikan target untuk mempromosikan bisnis atau produk Anda sebagai judul artikel, usahakanlah artikel yang Anda tulis adalah fresh dan unik sehingga tidak terjadi duplikasi konten, dan jangan lupa untuk menyisipkan kontak agar memudahkan pelanggan dalam menghubungi Anda.
  3. Lakukan optimasi off page, daftarkanlah website Anda pada situs-situs direktori bisnis dan artikel berbayar yang dapat mendatangkan trafik pengunjung ke website Anda, tambahkanlah backlink dari situs yang terpercaya dan situs forum, buatlah sebuah video dengan qualitas yang bagus yang berisi mengenai produk atau bisnis yang Anda tawarkan.
  4. Buatlah blog dan perbarui kontennya, buatlah blog dalam website Anda yang berfungsi untuk melakukan edukasi terhadap calon pelanggan Anda, bagikan artikel-artikel yang berhubungan dengan produk atau bisnis yang Anda tawarkan.
  5. Manfaatkan sosial media network seperti google plus, facebook, twitter dan pinterest. Bangun sebuah sosial network, bangun pula hubungan yang baik dengan teman Anda dalam situs sosial network. Siapkan penjelasan singkat mengenai produk Anda dan sebarkanlah melalui situs tersebut, sehingga relasi Anda memiliki kesempatan untuk membaca penawaran produk Anda.
  6. Email marketing, buatlah sebuah daftar email yang berisi prospek pelanggan potensial Anda, lakukan interaksi dan komunikasi melalui email tersebut.
Itulah beberapa tips marketing untuk ukm yang cocok diterapkan untuk menjalankan strategi pemasaran dengan biaya yang terbatas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Marketing Untuk UKM"

Post a Comment