Belajar Menulis

Tips Belajar Menulis Bagi Pemula

oleh : msuharto

tips-belajar-menulisBagi sebagian orang, menuliskan sesuatu baik yang pernah dialami atau merupakan pengalaman orang lain sangatlah sulit. Hal ini sangat wajar, karena saya pun pernah mengalami hal tersebut, yaitu tiba-tiba mengalami kebuntuan dalam menuliskannya. Anda tidak perlu cemas, karena saya akan membagikan tips belajar menulis bagi pemula pada artikel kali ini. Tips yang saya bagikan sangatlah sederhana dan sudah saya jalankan, jadi bukan pengalaman orang lain. Menulis menurut saya adalah salah satu kegiatan yang dapat mengoptimalkan (baca: menyeimbangkan) otak kiri dan otak kanan. Dimana otak kiri yang memiliki kecenderungan linier, berurut lebih detail dan sebagainya akan sangat mendukung kegiatan menulis anda. Sedangkan otak kanan memiliki kecenderungan imajinasi, emosional, warna justru akan membuat tulisan anda semakin menarik untuk dibaca dan dilihat! Ok, saya tidak akan berpanjang lebar, langsung saja lihat tipsnya di bawah ini.

Berikut adalah tips belajar menulis bagi pemula, yang langsung bisa anda praktekkan, yaitu:

  1. Mulai menulislah dari hal-hal yang benar-benar anda kuasai. Misalkan menulis tentang hobi, pengalaman atau cerita. Mengapa ? Karena dengan menuliskan hal-hal yang anda kuasai, paling tidak anda pasti bisa menuliskannya, walaupun mungkin hanya beberapa baris saja. Sering-seringlah anda berlatih dengan banyak menulis, kelak setelah anda sudah terbiasa maka anda akan lancar menuliskannya.
  2. Dalam belajar menulis, anda tidak perlu takut salah. Semakin anda takut salah, maka selamanya anda akan takut menulis. Pada tahap awal, anda tidak perlu memperdulikan struktur penulisan dan gaya bahasa. Mengalir saja ! Karena anda akan stag memikirkan hal itu.
  3. Hampir sama dengan poin 2, anda tidak perlu takut tulisan anda jelek/tidak bermutu. Karena belum tentu pembaca tulisan anda berpikiran seperti itu, bisa jadi tulisan anda malah memberikan banyak inspirasi bagi pembaca tulisan anda.
  4. Sertakan gambar yang bisa mewakili tema tulisan anda! Ingat, gambar itu bisa multi tafsir. Jika tulisan anda kurang bermutu atau struktur penulisannya tidak enak untuk dibaca, maka dengan adanya gambar bisa membantu menafsirkan tulisan anda.
  5. Mintalah bantuan teman-teman di sekitar anda untuk berkomentar terhadap tulisan anda. Kritik yang membangun sangatlah anda butuhkan untuk terus mengasah dan memperbaiki gaya penulisan anda.
  6. Teruslah banyak belajar menulis dari ahlinya, caranya bermacam-macam, bisa dengan browsing, bisa dengan membaca buku, ikut milis yang berhubungan dengan belajar menulis sampai dengan anda mengikuti kursus menulis.
  7. Jika anda sudah memiliki social media, baik itu Facebook maupun twitter, sering-seringlah anda update status. Tetapi update status yang bermanfaat buat banyak orang, bukan update status diri sendiri. Dengan sering update status, juga merupakan sarana yang baik untuk belajar menulis.

Sudah ada 7 tips yang saya bagikan, segeralah praktekkan. Jika anda masih mengalami kesulitan dalam menulis, saya bersedia untuk membantu anda.

    Artikel Yang Berkaitan
    Perumahan di Kudus
    Perumahan di Kudus
    Maraknya Perumahan di Kota Kudus by : msuharto Sudah 2 – 3 tahun terakhir kota Kudus benar-benar disesaki oleh maraknya...
    Mengenal Facebook Graph
    Mengenal Facebook Graph
    Mengenal Apa Itu Facebook Graph oleh : msuharto Dari berbagai artikel yang sudah saya buat, kemungkinan pembahasan yang berhubungan dengan...
    Menjadi Pembicara Internet Marketing
    Menjadi Pembicara Internet Marketing
    Polemik Pembicara Internet Marketing by : msuharto Menjadi pembicara internet marketing sebetulnya bukan tujuan utama saya, karena saya jauh lebih...

    1 Comment