Bimbel Online

Bimbel Online vs Bimbel Offline

oleh : msuharto

bimbelBeberapa waktu yang lalu saya diminta temen untuk membuatkan website usaha Bimbel (Bimbingan Belajar), dimana website tersebut “hanya” berfungsi sebagai media marketing online (digital marketing) usaha bimbingan belajar yang telah dibuka di suatu tempat. Waktu itu saya malah menawarkan bagaimana apabila bimbel tersebut dionlinekan saja atau membuka bimbel online ? Tidak terbatas hanya untuk media marketing online saja, namun seluruh proses bimbingan dan registrasi dilakukan secara online! Namun temen saya belum menanggapinya.

Kemarin saya coba untuk menghitung modal awal yang dibutuhkan dan potensi penghasilan dari membuka sebuah bimbingan belajar di satu kota  versus membuka bimbingan belajar online.

Biasanya kecenderungan yang sedang tren saat ini untuk membuka bimbingan belajar adalah dengan membeli franchise bimbel yang sudah terbukti berhasil, dan untuk membuka bimbel di suatu tempat anda harus mengeluarkan biaya yang sangat besar. Sekedar informasi yang saya ambil dari salah satu bimbingan belajar ternama, untuk franchise fee selama 5 tahun di suatu kota rata-rata Rp. 150 Juta, belum biaya untuk sewa tempat minimal buka 6 kelas, ijin diknas setempat dan kebutuhan infrastruktur lain yang harus disiapkan seperti ATK, kursi, papan peraga, modul bimbel, meja, AC dan sebagainya. Paling tidak anda harus menyiapkan Rp. 400 Juta lagi untuk keperluan yang telah saya sebutkan diatas. Berarti paling tidak anda harus menyiapkan dana total sebesar Rp. 550 juta. Dan perlu dicatat, biaya tersebut baru untuk membuka satu cabang ! Dan belum termasuk biaya marketing awal.

Bagaimana dengan bimbel online ? Berapa modal awal yang anda butuhkan ?

Biaya sewa tempat dilokasi strategi digantikan dengan sewa hosting dan domain selama setahun paling mahal adalah Rp. 3 juta, biaya untuk membeli meja, AC, kursi ditiadakan, biaya yang mungkin timbul adalah biaya untuk membuat aplikasi e-course nya paling mahal Rp. 35 juta sekali setup. Biaya untuk membeli modul e-course sekitar Rp. 10 juta. Jadi total modal yang harus disiapkan Rp. 48 juta untuk infrastruktur, dan Rp. 2 juta lagi disiapkan untuk membayar biaya iklan melalui internet.

Sekarang kita berhitung potensi penghasilan keduanya !

Di bimbel offline saya berasumsi mempunyai 6 kelas  yang berisi maksimal 20 peserta bimbel, dengan rata-rata biaya bimbel per bulan adalah Rp. 1,5 juta, maka penghasilan kotor adalah 20x6x1,5 juta = Rp. 180 juta. Tunggu, penghasilan tersebut belum dikurangi dengan biaya operasional (gaji staf pengajar, listrik, ATK, gaji staf admin, franchise fee, biaya iklan), penghasilan bersih diperkirakan sekitar Rp. 90 juta.

Bagaimana dengan bimbel online ? Saya berasumsi yang sama yaitu mempunyai 6 kelas bimbel virtual, dengan biaya bimbel per bulan lebih murah yaitu Rp. 250 ribu, dan setiap kelasnya bisa terisi peserta yang tak terbatas, namun untuk memudahkan perhitungan saya asumsikan setiap kelasnya ada 100 peserta (total ada 600 peserta bimbel), sehingga perkiraan penghasilan adalah 600×250 ribu = Rp. 150 juta, setelah dikurangi dengan biaya operasional yang relatif kecil, penghasilan bersih anda melalui bimbel online adalah Rp. 125 juta. Dan ada kemungkinan untuk bulan berikutnya penghasilan bersih anda meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah peserta bimbel! Berbeda dengan bimbel offline, dimana jumlah peserta bimbel adalah terbatas dan apabila ingin meningkatkan jumlah peserta berarti harus menambah investasi (menambah ruang kelas, menambah staf pengajar, AC, kursi dan sebagainya). Jika anda kebetulan membeli franchise, maka anda tidak bisa sewaktu-waktu menambah ruang kelas bimbel. Sedangkan pada bimbel online anda bebas menerima peserta bimbel, tentunya tergantung dari kesiapan infrastruktur anda yaitu server dan aplikasi e-course nya.

Anda mungkin tertarik dengan ide bisnis internet yang lain ?

Artikel Yang Berkaitan
Ide Usaha Sewa Notebook
Ide Usaha Sewa Notebook
Menggeluti Usaha Sewa Notebook by – msuharto Sebetulnya usaha sewa notebook atau sewa laptop sudah ada sekira 4 – 5...
Kerja Dari Rumah
Kerja Dari Rumah
Ragam Ide Kerja Dari Rumah by : msuharto Berikut ini adalah beberapa alasan orang memilih untuk bekerja dari rumah. Apakah...
Membuat Domain
Membuat Domain
Memperoleh Penghasilan dari Membuat Domain by : msuharto Memiliki  dan membuat domain pribadi adalah suatu langkah besar bagi pelaku bisnis...

3 Comments